Kota Padang

Kota Padang Memiliki Simbol Toleransi dari See Hin Kiong, Klenteng Tertua 2022

BERITA MILLENIAL – Kota Padang Tapak jejak pengikut agama Konghucu di Kota Padang, Sumatera Barat (Barat) dapat tampak dari kemunculan klenteng See Hin Kiong. Tempat beribadah yang memiliki nama lain Vihara Tri Dharma sebagai klenteng paling tua di Kota Padang, pasnya di Jalan Klenteng, Kelurahan Daerah Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Untuk orang Kota Padang, area pemukiman itu umum dikatakan sebagai Daerah Cino (Daerah China).

Selainnya tempat beribadah, Klenteng See Hin Kiong yang dimonopoli warna merah itu sudah tercatat jadi cagar budaya di BPCB Sumatera Barat bernomor inventaris 06/BCB-TB/A/01/2007.

Klenteng Tertua

Kota Padang

Kemunculannya yang berharga histori pula jadi daya tarik rekreasi. Bisa dibuktikan pengunjung yang tiba bukan cuma dari penganut agama Konghucu, tapi pula warga umum.

Daerah Pondok ini benar-benar termasyhur sebagai perkampungan orang non-Muslim di Kota Padang, tetapi sebenarnya juga banyak warga yang berlandaskan Agama Islam tinggal di sekeliling ruang ini. Ini memperlihatkan kerukunan tulis terbangun kedua-duanya.

Petugas sisi service umat, Ahong (60) mengucapkan, klenteng ini sebagai paling tua di Kota Padang yang dibuat di tahun 1841 lalu. Pada tahun 1861 sempat hangus waktu kebakaran menempa. Lantas dibuat kembali pada tahun 1893 yang disahkan di tahun 1897.

Baca Juga Yah Artikel Dari Kami Lain Nya : Beli Xiaomi Redmi Pad 4 Hal yang Perlu Diketahui Jika Ingin

Kota Padang

Xiaomi Redmi sudah mendatangkan piranti baru ialah Redmi Pad. Ada dengan fitur yang di-claim oke buat kelasnya, Redmi Pad didesain selaku tablet entry tingkat yang pas untuk seluruhnya golongan, baik murid ataupun orang dewasa.

Bermacam spek keunggulan yang dibawa dapat kasih agunan kepuasan dan always fun waktu dipakai. Bukan sekedar bawa fitur monitor terunggul serta battery besar, Redmi Pad pula mengangkat chipset terhebat dalam kelasnya

Xiaomi Redmi Semuanya itu bakalan pengaruhi kelancaran kapasitas piranti ini waktu dipakai buat beragam aktivitas pujaan, serta melewati pesaing yang ada sekarang. Terus apa keunggulan dibalik perform terhebat yang diusung sama tablet satu ini?

Lantas tahun 2009 hancur berat karena gempa bumi yang menggetarkan lokasi Sumatera Barat dengan magnitudo 7,6 Nilai Richter.

“Seusai gempa dibuat kembali tahun 2010 di lokasi saat ini, kira-kira miliki jarak 100 mtr. dari lokasi sebelumnya yang selanjutnya disahkan pada 30 Maret 2013 lalu,” ucapnya terhadap , Minggu (27/11).

Ahong menerangkan tidak ada limitasi buat penghujung. Jam operasional sehari-harinya diawali jam 07.00 sampai 21.00 WIB.

“Tak ada batas untuk warga, namun kalaupun orang yang tidak ibadah kami tak memberinya ijin untuk masuk tanpa ada surat ijin dari petugas,” katanya.

“Bila cuman di luar dan bergaya tanpa ada masuk bisa, bahkan juga warga Muslim pun kerap berpose di luar ini,” ujarnya.

Toleransi dari See Hin Kiong

Kota Padang

Biarpun minoritas, tapi Ahong mengaku sikap toleran di antara umat beraneka di Sumbar benar-benar kuat. Susulnya, di perkampungan ini bukan cuma ditempati oleh orang non-Muslim saja, tapi ada juga warga Muslim.

“Toleran beragama tinggi, faktanya kami sejauh ini hidup rukun saja. Samping sini ada juga mushola, aman saja. Saya saja kerap berteman dengan warga Muslim. Pokoknya sama sama menghargakan di antara umat beragama,” ucapnya.

Satu diantara pelancong Muslim, Ani menuturkan, sikap toleran di antara umat beragama di Padang termasuk tinggi, faktanya bukan cuma orang non-Muslim saja yang dapat datangi klenteng paling tua di Kota Padang.

“Jika untuk toleran saya tonton tinggi, mereka tidak mempersoalkan siapa sajakah yang ingin berpose pada tempat ini,” tangkisnya diinterviu di area.

Walau begitu, Ani akui tak mendapat ijin buat masuk terkecuali mendapatkan ijin dari petugas. “Bila sekedar hanya beberapa foto kita tidak perbolehkan masuk sama petugas. Mesti ada surat ijin dari instansi,” paparnya yang anyar pertama bertandang.

“Ini kan pula tempat beribadah, jadi mesti kita menghargai. Tidaklah jadi masalah apabila tak dikenankan masuk. Di luar kan juga dapat untuk berpose,” tuturnya.

Baca Juga Yah Artikel Dari Kami Lain Nya : Di Tengah Piala Dunia 2022, Christian Ronaldo Dapat Tawaran Rp3,5 Triliun dari Klub Arab Saudi

By Admin