Panda Raksasa

Beritamillenial.com  – Panda Raksasa Pemerintah China bakal memberikan dua panda raksasa kepada pemerintah Qatar mendekati waktu kickoff Piala Dunia 2022. Pemberian itu sebagai hadiah untuk Negara Teluk yang bakal menggelar event sepak bola terbesar.

Duta Besar China untuk Qatar di Doha, Zhou Jian mengungkapkan, panda besar yang bakal dikirim bernama Suhail dan Soraya. Tidak disebutkan kepastian tanggal tiba kedua hewan tersebut.

Panda Raksasa

Diplomasi China

Dikutip dari Dohanews, Jumat (13/10), meski tidak bisa mengikuti Piala Dunia, perusahaan-perusahaan China telah banyak berkontribusi dalam pengembangan proyek-proyek besar yang terkait dengannya Salah satu nya mengirimkan Panda Raksasa.

Dituliskan dalam laman yang sama, sejak abad ketujuh, Permaisuri Wu pernah mengirim dua beruang ke Jepang. Ketika itu China juga memberikan panda sebagai hadiah. Kebiasaan ini dihidupkan kembali selama rezim Mao Zedong.

Selama Perang Dingin, panda dikirim ke Rusia dan Korea Utara. Amerika Serikat juga pernah menerima sepasang panda setelah kunjungan Presiden Nixon ke China pada tahun 1972.

Memberi negara asing hewan nasionalnya memungkinkan China untuk menunjukkan kedekatan koneksi politiknya. Namun demikian, pemberian hadiah oleh pemerintah China ini juga pernah mendapat kritikan. Salah satunya ialah masalah kesehatan.

Panda Raksasa Chuang Chuang dan Lin Hui, sepasang panda, dikirim oleh Tiongkok ke Kebun Binatang Chiang Mai di Thailand pada 2003. Chuang Chuang, yang menjalani diet pada 2007 karena obesitas, meninggal dunia akibat gagal jantung pada September 2019.

Panda Raksasa

Baca Juga Yah : Bandara Qatar Tangani 100 Penerbangan dalam Satu Jam Menyambut Piala Dunia

Publik menilai langkah diplomasi China itu tidak bisa dibenarkan. Karena mengeluarkan hewan ke wilayah yang bukan menjadi habitat aslinya.

China juga pernah memberikan hewan langka lainn sebagai hadiah diplomatik atau politik dalam skala global. Misalnya, Pemerintah Pusat China menghadiahkan Hong Kong dengan lima sturgeon China pada bulan-bulan sebelum Olimpiade 2008 di Beijing, yang mewakili lima cincin Olimpiade.

Untuk memperingati ulang tahun ke-60 berdirinya Republik Rakyat Tiongkok dan untuk menunjukkan rasa terima kasihnya kepada negara tersebut karena membantu membiayai biaya partisipasi Kepulauan Seychelles dalam Expo, pemerintah Kepulauan Seychelles mengumumkan pada tahun 2009 bahwa mereka akan menyumbangkan sepasang kura-kura raksasa Aldabra ke World Expo 2010 di Shanghai.

Panda Raksasa Presiden Prancis Emmanuel Macron juga memberikan salah satu korps kavaleri elit Prancis kepada Xi Jinping sebagai pembalasan atas diplomasi panda China.

By Admin