Patung Buddha

Patung Buddha Lebih dari pada 680 adegan patung Buddha serta ukir-pahatan pagoda ditemui di puing-puing pasar kuno di Xi’an, Propinsi Shaanxi, China.

Patung itu ditemui dalam sebuah lubang di puing-puing Pasar Timur, pusat perdagangan khusus di zaman Dinasti Tang (618-907).

Patung Buddha

Dilansir dari Xinhua, Senin (26/12), patung Buddha itu dibikin dari tanah liat, keramik, serta batu. Sejumlah besar patung remuk. Begitu diungkapkan Han Jianhua dari Institut Arkeologi Sekolah tinggi Pengetahuan Sosial China.

Patung Buddha Berusia Ribuan Tahun Ditemukan

Patung Buddha

Han menambah, patung itu sudah dibalut serta dipindah ke lain tempat supaya lebih terlindung serta untuk studi seterusnya.

Patung-patung itu banyak yang dihias dengan gambar mempunyai warna dan bagian emas, sebagai type ciri khas seni Buddha sepanjang masa Dinasti Tang.

Menurut prediksi Han, patung-patung itu peluang datang dari aula Buddha atau gudang suatu toko yang bertempat dipinggir jalan.

Patung Buddha

Beberapa arkeolog mendapatkan jalan, selokan drainase, serta landasan rumah, beberapa relik budaya Dinasti Tang, terhitung mangkuk triwarna di puing Pasar Timur itu.

Puing pasar itu diketemukan akhir 1950-an BERITA MILLENIAL.

By Admin