Sakit Tenggorokan

Sakit Tenggorokan saat Kamu Bangun Pagi Hari

BERITA MILLENIAL –  Sakit Tenggorokan Cuaca yang serba tak menentu serta munculnya hujan di malam dan pagi hari kadang bisa menyebabkan munculnya masalah kesehatan pada diri kita. Salah satu hal yang rentan terjadi adalah kondisi terbangun dengan rasa mengganjal dan sakit di tenggorokan.

Kondisi ini biasanya bisa terjadi karena berbagai macam hal dan bukan berarti bahwa kamu sedang flu. Sejumlah masalah kesehatan lain bisa menyebabkan terjadinya kondisi ini.

Dilansir dari Livestrong, Omid Mehdizadeh, MD, spesialis THT dari Providence St. John’s Health Center, Santa Monica, California menyebut bahwa sejumlah kondisi bisa memicu munculnya masalah sakit tenggorokan ini. Kondisi ini termasuk sel darah putih atau bakteri yang bisa menyebabkan iritasi di tenggorokan.

Sejumlah kondisi lain juga bisa menyebabkan munculnya masalah ini. Mengetahui penyebab tepat dari masalah tenggorokan ini bisa sangat penting dalam mengatasinya. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab munculnya sakit tenggorokan di pagi hari.

Sakit Tenggorokan

1. Sakit Tenggorokan Akibat Alergi

Rasa gatal serta bersin biasanya merupakan salah satu gejala awal dari masalah alergi terutama yang disebabkan oleh debu atau serbuk sari. Walau begitu, kondisi ini juga bisa menyebabkan munculnya rasa sakit dan mengganjal di tenggorokan.

Cara Mengatasinya: Pastikan untuk mengetahui penyebab alegi yang kamu miliki dan sebisa mungkin hindari hal tersebut. Jika terlanjur mengalaminya, kamu juga bisa mengonsumsi obat seperti antihistamin atau obat-obatan alami lainnya.

Kondisi Lingkungan serta Udara yang Dingin dan Kering

2. Sakit Tenggorokan Akibat Kondisi Lingkungan Sekitar

Kondisi lingkungan sekitar di dalam rumah bisa menjadi penyebabmu mengalami masalah tenggorokan walau tak memiliki alergi. Sejumlah hal seperti debu atau jamur di dalam rumah bisa menyebabkan rasa tak nyaman.

“Hal ini bisa memicu reaksi immunologis di dalam hidung dan tenggorokan yang berujung terjadinya peradangan serta meningkatkan produksi lendir,” terang Dr. Mehdizadeh.

Cara Mengatasinya: Pastikan untuk membersihkan rumah secara menyeluruh.

3. Udara yang Dingin dan Kering

Pada saat kamu tertidur semalaman dengan AC yang menyala, kondisi ruang yang dingin dan kering ini bisa membuatmu terbangun dengan tenggorokan sakit. Kondisi kamar yang terlalu dingin dan kering bisa membuat tubuh memproduksi lebih banyak lendir untuk membuat saluran pernapasan tetap lembap.

Produksi lendir berlebih ini bisa kemudian memenuhi tenggorokan dan menimbulkan rasa tak nyaman. Lebih lanjut, kondisi ini juga bisa membuat hidung tersumbat.

Cara Mengatasinya: Pastikan kamar tetap dalam kondisi cukup lembap namun hindari kondisi terlalu lembap.

Refluks Asam Lambung dan Cedera Pita Suara

Sakit Tenggorokan

4. Refluks Asam Lambung

Refluks asam lambung bisa menyebabkan iritasi di tenggorokan dan menyebabkan rasa sakit, suara serak, dan batuk kering. Masalah ini biasanya memburuk di malam hari dan baru disadari di pagi hari ketika bangun.

Cara Mengatasinya: Pastikan hindari makanan yang bisa memicu refluks asam lambung serta usahakan setidaknya jangan mengonsumsinya tiga jam sebelum tidur.

5. Cedera Pita Suara

Ketika terlalu memforsir untuk berbicara atau menyanyi dalam waktu lama dan terlalu lantang bisa menyebabkan pita suara jadi menegang. Kondisi ini bisa menyebabkan pita suara menjadi bengkak dan iritasi yang berujung suara serak hingga hilang atau bahkan sakit tenggorokan.

Cara Mengatasinya: “Mengistirahatkan suara, cukup air, kondisi lembap, pijat leher, serta menjaga kondisi tenggorokan merupakan cara efektif untuk mengatasi rasa tak nyaman dan mengembalikan suaramu,” terang Dr. Mehdizadeh.

Deviasi Septum dan Masalah Kesehatan Serius

6. Deviasi Septum

Deviasi septum merupakan kondisi ketika tulang rawan yang memisahkan dua lubang hidung terdorong ke satu sisi dan terjadi tanpa disadari. Kondisi ini juga bisa menyebabkan hidung tersumbat serta meningkatkan produksi lendir yang menyebabkan iritasi di tenggorokan.

Cara Mengtasinya: Pada saat mengalami masalah ini, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk mengatasinya secara secepatanya.

7. Masalah Kesehatan Serius

Pada kasus serius, sakit tenggorokan bisa menjadi tanda masalah kesehatan serius seperti kanker tenggorokan atau HIV. Kondisi ini biasanya disertai dengan gejala lain seperti sulit menelan, benjolan di tenggorokan, lendir berdarah, serta gejala serupa flu.

Cara Mengatasinya: Pada saat mengalami kondisi ini, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

By Admin