Mini Pom

BERITA MILLENIAL – Mini Pom Keunikan bentuk tubuh tak jarang jadi alasan utama memutuskan memelihara seekor anjing

Ada satu yang cukup menggemaskan, yakni mini pomerania atau mini pom .Imutnya mini pom memikat hati Christina Pristisa. Perempuan 29 tahun itu tergoda dengan keseruan adik kandungnya lebih dulu memelihara ras anjing asal Jerman itu. Apalagi, si pom terkenal cerdas dan aktif.

“Kalau baca sejarahnya, ras ini dari Jerman yang kemudian dibawa ke Inggris oleh istri Pangeran George III sekitar 1761, kalau tidak salah. Awalnya dari anjing gembala Jerman lalu dikembangbiakkan dan muncul versi mininya sekitar 1888. Jadi bisa dibilang salah satu ras anjing cukup tua,” urainya, Sabtu (12/3).

Minipom hanya mampu mencapai berat badan maksimal tidak lebih dari 3 kilogram dan tinggi sekitar 30 sentimeter. Karena itulah, jenis anjing ini juga disebut toy dog mengingat bentuknya yang sangat mungil.

“Badannya kecil dan menggemaskan, makanya banyak yang suka. Hebatnya lagi, anjing ini salah satu koleksi hewan peliharaan Ratu Victoria yang dibeli dari sebuah kota di Italia pada 1888,” terang Sasa, sapaan akrab Christisa Pristisa.

Mini Pom

Baca Juga Yah : Ada 3 Posisi Tidur Terbaik dan Bagus untuk Kesehatan

Tertarik ikut memelihara mini pom? Ternyata butuh dana tidak sedikit. Biaya perawatan juga relatif tinggi. “Minipom harganya sekitar Rp 4,5 juta-Rp 5 juta. Belum lagi pernak-pernik lain seperti kandang, tempat makan, dan tempat buang air. Tapi semua itu terbayar karena minipom anjing yang pintar dan bisa dilatih. Jadi tidak begitu sulit dirawat,” urai dia.

Urusan pakan, selain tersedia pakan khusus, agar lebih sehat, si imut perlu diberi susu khusus sebagai menu pendamping. Ditambah multivitamin, antara lain minyak ikan dan sejenisnya.

“Kalau mau asal, diberi pakan nasi dan kuah sayur juga bisa. Tapi kan kasihan nanti. Jadi kurang sehat dan bisa menyebabkan bulu rontok. Pemilihan pakan harus selektif, karena masing-masing ada manfaatnya,” ungkap Sasa.

Untuk perawatan bulu mini pom, tak berbeda dengan ras anjing berbulu panjang lainnya, yakni dimandikan secara rutin dengan sampo khusus.
Yang perlu diingat, jangan memandikan minipom ketika usianya belum genap tiga bulan karena dikhawatirkan bisa shock dan mengganggu kesehatannya.

Mini Pom

Baca Juga Yah :  Anjing Husky Yang Loyal 8 Fakta Menarik Nya !

“Untuk menjaga kesehatan dan keindahan bulu saat masih usia puppies, ya lewat asupan gizi di pakannya. Jadi tidak boleh sembarangan memberi pakan,”

By Admin