11 Cara Menjaga Lingkungan Alam

BERITA MILLENIAL Cara Menjaga Lingkungan Alam Lingkungan bersih adalah lingkungan yang bebas dari polusi udara,polusi air dan suasana sejuk segar. Manfaat dari menjaga lingkungan ini sangatlah baik bagi kesehatan hidup manusia,serta dapat menjadi penyeimbang antar makhluk hidup. Menjaga Lingkungan alam menjadi prioritas yang sangat tinggi dei kenyamanan dan terhindar dari berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor seperti malaria diare dan masih banyak lagi. Beberapa cara ini dilakukan individualis dan secara gotong royong. simak caranya.
11 Cara Menjaga Lingkungan Alam

1. Membuang sampah pada tempatnya

Cara Menjaga Lingkungan Alam Membuang sampah tidak pada tempatnya membuat lingkungan menjadi kotor dan terdapat berbagai penyakit. Oleh sebab itu menjaga kebersihan sangatlah penting,yakni dengan membuang sampah pada tempatnya,tidak membuag di sungai dan selokan yang membuat aliran air tidak lancar.

2. Hindari Tebang Liar

Sebisa mungkin menghindari penebangan hutan liar secara membabi buta dan dapat mengakibatkan gundulnya hutan,karena dengan gundulnya hutan dapat mengakibatkan tanah longsor dan lain lain. Cara mengatasinya yakni dengan melakukan tebang pilih dan selalu melakukan penanaman hutan kembali (reboisasi) untuk mengganti hutan yang ditebang. Dengan adanya reboisasi,hutan akan terjaga dan lingkungan asri pun terjaga.

3. Membersihkan Lingkungan setiap hari

Cara Menjaga Lingkungan Alam Membersihkan lingkungan memang sangatlah penting,karena dengan bersihnya lingkungan dampak positifnya yakni terhindar dari berbagai penyakit. Lingkungan mencakup banyak aspek,antara lain lingkungan alam,lingkungan sekolah dan lingkungan rumah. Semuanya sama-sama sangat penting untuk menjaganya. Oleh sebab itu butuh kerjasama dan kerja bakti untuk membersihkan suatau lingkungan secara maksimal

4. Tidak Merusak Tanaman sekitar

Cara Menjaga Lingkungan Alam Merusak berbeda dengan menata ulang. Pada poin ini dilarang merusak tanaman sekitar,yakni tanaman yang tidak mengganggu aktifitas sehari hari dan bisa bermanfaat. Dengan selalu menjaga dan merawat tanaman,maka tindakan kita ini termasuk menjaga lingkungan alam. Pada hakikatnya tanaman-tanaman ini sangat bermanfaat sebagai penyerapan karbondioksida dan mengeluarkan oksigen yang cukup untuk manusia.

5. Tidak membuang bahan kimia di aliran sungai
11 Cara Menjaga Lingkungan Alam

Cara Menjaga Lingkungan Alam Membuang bahan kimia di aliran sungai membuat aktifitas dan ekosistem sungai mencari rusak dan tercemar. Seperti yang kita ketahui juga bahwa membuang limbah ke aliran sungai menyebabkan sungai dan sekitanya menjadi bau, ini yang menyebabkan hilangnya keasrian ekosistem sungai. Oleh sebeb itu hindari semaksimal mungkin pembuangan limbah ke alira sungai.

6. Menanam kembali hutan yang gundul

Cara Menjaga Lingkungan Alam Dengan menanm kembali hutan yang gundul bisa membuat dan melestarikan alam secara alami,serta menjadi tempat ekosistem yang baik. Menanam hutan yang gundul mampu untuk memperbaharui sumber daya alam,menanam hutan kembali bermakna banyak yakni seperti menanam hutan bakau,hutan jati dan lain sebagainya yang bermanfaat bagi kehidupan manusia

7. Melakukan Tebang Pilih

Cara Menjaga Lingkungan Alam Melakukan tebang pilih dampaknya yakni untuk menghindari bencana tanah longsor,dengan melakukan tebang pilih bisa menghemat pohon yang akan ditebang. Untuk melakukan tebang pilih biasanya memerlukan perizinan dari pemerintah,dan saya sangat setuju karena hutan kita sekarang sudah hampir gundul akibat tebang liar dan pembakaran hutan untuk membuka lahan perkebunan dan perumahan dan pabrik.

8. Mencari Ikan dengan cara tradisional

Cara Menjaga Lingkungan Alam Melakukan pencarian ikan dengan cara tradisional memang aman dan tidak merusak habitat ikan dan ekosistem dalam air. Dengan adanya pencarian ikan dengan bom dan racun,menimbulkan ekosistem air yang terganggu. Seperti memancing di danau lebih baik daripada menggunakan bom dan racun untuk mencari ikan,karena akan merusak ekosistem danau,begitu juga di sungai.

9. Menanam Pohon di pinggir jalan Kota

Cara Menjaga Lingkungan Alam Menanam pohon di pinggir jalan membantu untuk penyerapan karbon dioksida yang dihasilkan kendaraan bermotor. Dengan begitu akan sedikit mengurangi efek asap kendaraan bermotor yang dapat menimbulkan suatu penyakit

10. Membuat Terasiring didaerah pegunungan

Cara Menjaga Lingkungan Alam Manfaat dari sengkedan (terasiring) adalah spaya tidak terjadinya tanah longsor yang merugikan masyarakat setempat. Dan dengan adanya terasiring juga membuat para petani merasa aman karena sawahnya tidak mudah terkena longsir.

11. Mengurangi penggunaan asap kimia
11 Cara Menjaga Lingkungan Alam

Cara Menjaga Lingkungan Alam Asap kimia yang dimaksud yakni asap rokok asap pabrik dan lain lain yang mengakibatkan banyaknya karbon dioksida yang mengancam keasrian alam

By Admin