8 Film yang Tayang di Italian Film Festival 2023 Jakarta dan Jogja

BERITA MILLENIAL Film yang Tayang di Italian Film Festival 2023 Diselenggarakan Kedutaan Besar Italia dan Istituto Italiano di Cultura, Italian Film Festival merupakan acara besar untuk memperkenalkan kebudayaan Italia pada masyarakat Indonesia. Dalam acara besar ini, ada sederet film yang ditayangkan pada periode 21-29 Januari 2023.

“Saya sangat senang mendengar Italian Film Festival hadir secara luring, karena jarang sekali masyarakat Indonesia bisa menikmati film-film Italia terkini di layar lebar, seperti Nostalgia karya sutradara Mario Martone yang saya kagumi,” ungkap Asmara Abigail.

Ditayangkan di Istituto Italiano di Cultura, CGV Grand Indonesia, dan IFI Yogyakarta (LIP), simak daftar filmnya di bawah ini!
8 Film yang Tayang di Italian Film Festival 2023 Jakarta dan Jogja

1. Nostalgia

Film yang Tayang di Italian Film Festival 2023 Felice akhirnya kembali ke kota asalnya, Naples setelah 40 tahun berlalu. Ia menemukan kode kota, sederet tempat, hingga masa lalu yang mulai menggerogoti dirinya.

Film karya Mario Martone ini berhasil membawa pulang penghargaan Official Selection di International Film Festival Rotterdam 2023. Film ini sendiri berdurasi 117 menit.

2. Il Legionario (The Legionnaire)

Film yang Tayang di Italian Film Festival 2023 Mengisahkan sosok Daniel, seorang petugas kepolisian anti huru-hara yang terlahir dari pasangan imigran Afrika. Daniel pun mulai mendapat informasi bahwa pasukannya harus mengosongkan sebuah rumah. Terungkap, rumah tersebut adalah tempat tinggal keluarganya.

Film yang tayang pada 2021 ini berhasil membawa Sutradara Hleb Papou masuk nominasi Best New Director di Italian National Syndicate of Film Journalists 2022.

3. C’È UN SOFFIO DI VITA SOLTANTO (A Breath of Life)

Film yang Tayang di Italian Film Festival 2023 Lucy merupakan wanita transgender pertama di Italia dan menjadi salah satu penyintas kamp konsentrasi Dachau Nazi. Meski sudah menjadi nenek berusia 95 tahun, Lucy masih penuh semangat dan siap membalas perkataan orang lain.

Film A Breath of Life sendiri menggambarkan perayaan dari penyintas perang. Secara khusus, film ini ditayangkan pada Hari Peringatan Holocaust Internasional di tahun 2021 lalu.

4. Californie
8 Film yang Tayang di Italian Film Festival 2023 Jakarta dan Jogja

Film yang Tayang di Italian Film Festival 2023 Film ini menceritakan gadis Maroko bernama Jamila yang cerdas. Dirinya berpotensi mencapai hal hebat meski dapat mengakibatkan sebaliknya, memicu bencana besar.

Californie memperlihatkan perjalanan pribadi Jamila di usia 9-14 tahun di kota kecil Italia. Film ini pun mendapatkan penghargaan Best Actress dari Annecy Italian Film Festival 2021.

5. Futura

Film yang Tayang di Italian Film Festival 2023 Futura mengisahkan apa yang dipikirkan oleh remaja laki-laki dan perempuan tentang masa depan. Potret negara Italia pun tergambar dari sudut pandang sekelompok remaja penuh mimpi, harapan, keinginan, hingga ketakutan mereka.

Film ini sendiri masuk dalam nominasi Golden Eye di Cannes Film Festival 2021.

6. IL COLIBRÌ (The Hummingbird)

Film yang Tayang di Italian Film Festival 2023 The Hummingbird mengisahkan tentang kisah cinta Marco Carrera di tahun 1970-an sampai masa depan. Banyak hubungan yang terjadi dan menampilkan kebahagiaan, kecferiaan, hingga ilusi.

Film hits ini pun berhasil membawa pulang penghargaan Grand Public Opening Film di Rome Film Festival 2022. Film ini sendiri memiliki rating 17+.

7. LEONORA ADDIO

Film yang Tayang di Italian Film Festival 2023 Sosok Pirandello meninggal dan meninggalkan pesan yang mendetail, yaitu tidak ada pemakaman atau perayaan. Namun, pada akhirnya terselenggara tiga pemakan surealis yang saling terhubung dengan pembunuhan seorang anak laki-laki imigran Sisilia di Brooklyn.

8. PICCOLO CORPO (Small Body)
8 Film yang Tayang di Italian Film Festival 2023 Jakarta dan Jogja

Film yang Tayang di Italian Film Festival 2023 Pada tahun 1900 di Italia, Agata memulai perjalanan dengan keputusasaan untuk mencapai tempat perlindungan misterius. Tempat itu berguna untuk menyelamatkan jiwa sang putri dari kutukan abadi Limbo.

Bagi kamu yang tertarik, sederet film di atas bisa kamu nikmati tanpa dipungut biaya apa pun. Publik bisa mendaftar terlebih dahulu lewat formulir pendaftaran untuk memeroleh tiket di lokasi pemutaran film. Wah, film mana yang paling kamu tunggu, nih?

By Admin